Skip to main content

Saresehan Budaya Banyumas

Masa muda selayaknya memang harus diisi dengan hal-hal yang berguna. Kegiatan positif, setidaknya di zaman ini, bukanlah suatu hal yang mudah. Lingkungan pemuda yang terkepung oleh hal-hal yang merusak sangat mudah temui hampir di setiap komunitas kaum muda. Mendem sak dalan-dalan, perzinaan, apatisme, krisis keteladanan para orang tua, provokasi media tentang konsep kebebasan ekspresi tak terbataskan bagi muda-mudi. Kehancuran bangsa sudah masuk pada fase pertama, disorientasi pemuda pada sangkan paran dumadi, dumadi sangkan paran mereka. Dan idealnya, pengetasan moralitas pemuda ini harus segera digagas oleh para Ulama lalu bersambung kepada para Umara (pemerintah) dan aneka organisasi variannya.

Gejala zaman di atas (setidaknya) yang berusaha, meski menurutku dengan separuh nafas, sedang diupayakan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia Kabupaten Banyumas. Wujudnya, salah satunya adalah penyelenggaraan saresehan budaya yang bertajuk "Membedah Seni Tradisional Ebeg Banyumas" beberapa waktu lalu. Pada kegiatan 'langka' KNPI Banyumas itu saya sendiri didapuk untuk menjadi moderator saresehan. Suatu tugas yang saya rasakan sendiri tidak lebih sebagai juru damai antara diametral pemikiran Prof. Sugeng Supriyadi (sejarahwan) vis a vis Kyai Ahmad Tohari (budayawan).

Kerinduan kegiatan pada suatu aktivitas yang sehat dan produktif dari kalangan pemuda tentu tidaklah terbantahkan. Meski hal itu sekedar (sekedar ?) sebuah seminar sederhana. Namun setidaknya, para pemerhati dan pelaku aktivitas muda dalam arena ilmiah itu akan merasa eksis dan diperhatikan oleh para stakeholder setempat. Tidak merasa disia-siakan, atau bahkan dimanfaatkan, bukan?

Kembaran, 20 Oktober 2013.
Lokasi: Kantor Wakil Bupati Banyumas. Fotografer: Doel Lathif.




Comments

Popular posts from this blog

Daftar Perkuliahan

 Assalamu'alaikum Mahasiswa! Dalam laman ini akan dideskripsikan ruang keilmuan yang diampu Pak Dosen. Tentu, secara berkala akan dilakukan revisi-revisi yang relevan dengan data dan perkembangan keilmuan. Jadi, halaman ini akan menjadi semacam peta perkuliahan yang memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses pokok-pokok tema pengetahuan yang akan dibahas dalam perkuliahan.  Perkuliahan yang akan disematkan di sini mengadung kontrak perkuliahan, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan materi-materi yang menjadi diskursus pembahasan. Bagi mahasiswa dan pengunjung, jangan lupa untuk memfollow situs ini untuk memudahkan informasi perkembangan keilmuan yang sedang didalami.  Daftar Perkuliahan: Etika Bisnis Islam Akuntansi Syariah Hukum Gadai Pengantar Ekonomi Syariah

Sejarah Filologis Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh

  Secara demografis, Desa Dukuhwaluh merupakan perluasan kawasan Desa Pandak dan Dusun Woeloeng yang berbatasan dengan Desa Tambaksari, Desa Bantarwoeni, Desa Karangsari, Desa Bojong dan Desa Artja di sisi selatan. Pemekaran kawasan ini sekaligus menjadikan suatu kawasan administrasi yang baru dengan sebutan Dukuhwaluh. Pada tahun 1992 di sisi barat daya Desa Dukuhwaluh berdiri lembaga pendidikan agama Islam bercorak salafiyyah atas inisiasi Dr. KH. Chariri Shofa, M.Ag atau yang masyhur diingat sebagai Kyai Khariri. Sebelum membuka pemukiman santri di Dukuh Wulung, beliau merupakan salah satu dari badal pendiri dan pengasuh yaitu KH. Muslich bersama Dr. KH. Noer Iskandar al-Barsani di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto.

Sarung Berlogo NU Dikecam, Produsen dan Reseller Mengerang.

Ilustrasi Sarung NU Sarung NU Indetitas masih menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan. Termasuk logo Nahdlatul Ulama (NU) di kalangan pasar Nahdliyyin. Bagi sebagian pembeli, sarung karakter satu ini bukan hanya sekedar sarung biasa, namun lebih sebagai ekspresi ideologis di dalam lingkungan sosial. Dan bagi kalangan produsen dan makelar atau reseller sarung karakter, ini adalah peluang pasar yang kuat. Ini peluang besar memadatkan pundi-pundi penjualan.  Lantas, apakah tingginya permintaan pasar atas sarung karakter ini terpengaruh 'keramat' NU? Tentu saja, tanpa adanya logo tersebut, kain sarung hanyalah selembar kain yang nir-faidah. Sekali lagi NU menunjukkan endorsenya terhadap kreativitas dunia industri tekstil di Indonesia. Logo NU pada Sarung Dikecam Sebenarnya, entah ide siapa yang pertama kali menjadikan logo NU sebagai ornamen sarung. Ada yang menyebut hal ini marak semenjak logo-logo banom NU mulai dijadikan bahan atasan batik pada dasawarsa terakhir ini. Ekspr...