Skip to main content

Menggugat Nalar Ekonomi Islam di Indonesia

Tulisan ini ada baiknya dimulai dari pangkal pemikiran ekonomi Islam itu muncul. Bahwa ide ekonomi Islam itu seiring dengan tabligh ajaran Islam pada 571 Masehi, maka itu benar. 

Sederhananya, ekonomi Islam adalah suatu ketentuan bagi umat Islam di dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik lahir maupun batin. Locusnya begitu. Hal ini, berikutnya, tentu menimbulkan pengembangan konsep pemikiran sesuai problematika kapan dan dimana umat Islam itu hidup mengamalkan ajaran agamanya. 




Dalam perspektif rumusan penulis, ekonomi Islam lebih merupakan dogma tentang ketentuan bagi umat Islam di dalam memenuhi kebutuhan yang berangkat dari iman, sesuai hukum syariat dan berorientasi pada keselamatan akhirat. 

Menyoal ekonomi Islam, benar, setidaknya ada trilogi konsepsi yang akan terhampar. Pertama, ekonomi. Kedua, Islam. Ketiga, Ekonomi Islam itu sendiri. Fakta bahwa Islam secara psikologis di Indonesia itu berbeda, itu niscaya. Lantas bagaimana dengan semangat copy paste pemikiran ekonomi Islam ala Timur Tengah dipraktekkan secara bar-bar di Indonesia? Jelas lambat laun akan menimbulkan masalah. 

Padahal, ajaran Islam diabsorbsi oleh bangsa Nusantara bertipikal ramah sosial, fleksibel dan membumi. Lantas apa pasal sebenarnya sehingga masyarakat Indonesia terkesan enggan berekonomi Islam ala akademisi? Bukankah selama ini konsepsi ekonomi Islam hanya laku sebagai diskursus di kampus-kampus atau acara berbasis anggaran, bukan berangkat dari menjawab kebutuhan masyarakat?!. 

Misalnya, mainset masyarakat terhadap bank adalah solusi keuangan sebagai tempat menyimpan dan meminjam uang. Saat masyarakat butuh uang, dapatkan mereka mengakses akad qard di bank syariah? Tentu tidak. Jelas di sini ada problem. 


Comments

Popular posts from this blog

Daftar Perkuliahan

 Assalamu'alaikum Mahasiswa! Dalam laman ini akan dideskripsikan ruang keilmuan yang diampu Pak Dosen. Tentu, secara berkala akan dilakukan revisi-revisi yang relevan dengan data dan perkembangan keilmuan. Jadi, halaman ini akan menjadi semacam peta perkuliahan yang memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses pokok-pokok tema pengetahuan yang akan dibahas dalam perkuliahan.  Perkuliahan yang akan disematkan di sini mengadung kontrak perkuliahan, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan materi-materi yang menjadi diskursus pembahasan. Bagi mahasiswa dan pengunjung, jangan lupa untuk memfollow situs ini untuk memudahkan informasi perkembangan keilmuan yang sedang didalami.  Daftar Perkuliahan: Etika Bisnis Islam Akuntansi Syariah Hukum Gadai Pengantar Ekonomi Syariah

Sejarah Filologis Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh

  Secara demografis, Desa Dukuhwaluh merupakan perluasan kawasan Desa Pandak dan Dusun Woeloeng yang berbatasan dengan Desa Tambaksari, Desa Bantarwoeni, Desa Karangsari, Desa Bojong dan Desa Artja di sisi selatan. Pemekaran kawasan ini sekaligus menjadikan suatu kawasan administrasi yang baru dengan sebutan Dukuhwaluh. Pada tahun 1992 di sisi barat daya Desa Dukuhwaluh berdiri lembaga pendidikan agama Islam bercorak salafiyyah atas inisiasi Dr. KH. Chariri Shofa, M.Ag atau yang masyhur diingat sebagai Kyai Khariri. Sebelum membuka pemukiman santri di Dukuh Wulung, beliau merupakan salah satu dari badal pendiri dan pengasuh yaitu KH. Muslich bersama Dr. KH. Noer Iskandar al-Barsani di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto.

Sarung Berlogo NU Dikecam, Produsen dan Reseller Mengerang.

Ilustrasi Sarung NU Sarung NU Indetitas masih menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan. Termasuk logo Nahdlatul Ulama (NU) di kalangan pasar Nahdliyyin. Bagi sebagian pembeli, sarung karakter satu ini bukan hanya sekedar sarung biasa, namun lebih sebagai ekspresi ideologis di dalam lingkungan sosial. Dan bagi kalangan produsen dan makelar atau reseller sarung karakter, ini adalah peluang pasar yang kuat. Ini peluang besar memadatkan pundi-pundi penjualan.  Lantas, apakah tingginya permintaan pasar atas sarung karakter ini terpengaruh 'keramat' NU? Tentu saja, tanpa adanya logo tersebut, kain sarung hanyalah selembar kain yang nir-faidah. Sekali lagi NU menunjukkan endorsenya terhadap kreativitas dunia industri tekstil di Indonesia. Logo NU pada Sarung Dikecam Sebenarnya, entah ide siapa yang pertama kali menjadikan logo NU sebagai ornamen sarung. Ada yang menyebut hal ini marak semenjak logo-logo banom NU mulai dijadikan bahan atasan batik pada dasawarsa terakhir ini. Ekspr...