Skip to main content

Rekonstruksi Sistem Zakat di Indonesia

Kesadaran menunaikan zakat masyarakat masih terbilang rendah. Fakta ini bisa dibuktikan dengan riset manapun, dengan random responden daerah manapun. Tentu, situasi ini seharusnya menjadi keresahan bagi setiap Kiai dan akademisi. Juga pemerintah, tentunya. Lantas, bagaimana sebaiknya yang harus dilakukan? Pertanyaan seperti ini adalah awal bagi semuanya. 

Strategis, Zakat adalah Rukun Islam
Sesuatu yang tak mungkin terelakkan bagi penganut ajaran Nabi Muhammad SAW adalah tunduk dan taslim  pada seluruh ketentuannya. Dalam hal ini, sebut saja rukun Islam. Dan sisi filantropi yang digadang-gadang mampu meringankan beban umat adalah zakat. Baik, zakat fitrah maupun zakat maal yang lebih progresif. 

Kemiskinan, bagaimanapun menjadi problem mengikuti perkembangan suatu peradaban. Agama Islam semenjak nubuwahnya memiliki konsen yang serius terkait problem kemiskinan ini. Sementara, optimalisasi zakat sempat terganggu dalam negeri-negeri Islam akibat terlalu lama di bawah kolonialisasi bangsa Eropa. Hal ini merupakan fakta sejarah, tak ada yang kuasa menampiknya. 

Premis di atas tak utuh rasanya jika belum mengungkap potensi zakat bagai pembangunan dan kemanusiaan. Dalam hal ini, bagaimanapun juga, diskursus zakat adalah domain pemerintah. Bukan ormas Islam. 

Sistem Zakat Nasional, Absurd? 
Upaya mengendalikan arus uang zakat maal, faktanya, telah dilakukan semenjak pra-kolonial. Dana zakat semenjak awal Kesultanan di Nusantara telah dialokasikan sebagai sokoguru keuangan negara. 

Sejarah mencatat, bagaimana Kesultanan Demak dan generasi setelahnya berkontribusi dalam program kontra-pendudukan oleh bangsa Kaukasia di sejumlah bandar pesisir utara Jawa. Inisiasi serupa pun tercatat atas Kesultanan Banten atas pendudukan Portugis, Spanyol dan Britania yang bersikeras membedah jalur Timur dari semenanjung Malaka. Artinya, zakat bahkan pernah diposisikan sebagai sumber pendanaan bagi pertahanan negara. Sayangnya, tak banyak sejarahwan atau ekonom yang mengungkapnya dalam narasi-narasi lembar ilmiah. 




Comments

Post a Comment

Silahkan berkomentar secara bijak dan bertanggungjawab.

Popular posts from this blog

Daftar Perkuliahan

 Assalamu'alaikum Mahasiswa! Dalam laman ini akan dideskripsikan ruang keilmuan yang diampu Pak Dosen. Tentu, secara berkala akan dilakukan revisi-revisi yang relevan dengan data dan perkembangan keilmuan. Jadi, halaman ini akan menjadi semacam peta perkuliahan yang memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses pokok-pokok tema pengetahuan yang akan dibahas dalam perkuliahan.  Perkuliahan yang akan disematkan di sini mengadung kontrak perkuliahan, Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan materi-materi yang menjadi diskursus pembahasan. Bagi mahasiswa dan pengunjung, jangan lupa untuk memfollow situs ini untuk memudahkan informasi perkembangan keilmuan yang sedang didalami.  Daftar Perkuliahan: Etika Bisnis Islam Akuntansi Syariah Hukum Gadai Pengantar Ekonomi Syariah

Sejarah Filologis Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh

  Secara demografis, Desa Dukuhwaluh merupakan perluasan kawasan Desa Pandak dan Dusun Woeloeng yang berbatasan dengan Desa Tambaksari, Desa Bantarwoeni, Desa Karangsari, Desa Bojong dan Desa Artja di sisi selatan. Pemekaran kawasan ini sekaligus menjadikan suatu kawasan administrasi yang baru dengan sebutan Dukuhwaluh. Pada tahun 1992 di sisi barat daya Desa Dukuhwaluh berdiri lembaga pendidikan agama Islam bercorak salafiyyah atas inisiasi Dr. KH. Chariri Shofa, M.Ag atau yang masyhur diingat sebagai Kyai Khariri. Sebelum membuka pemukiman santri di Dukuh Wulung, beliau merupakan salah satu dari badal pendiri dan pengasuh yaitu KH. Muslich bersama Dr. KH. Noer Iskandar al-Barsani di Pondok Pesantren Al-Hidayah Karangsuci Purwokerto.

Sarung Berlogo NU Dikecam, Produsen dan Reseller Mengerang.

Ilustrasi Sarung NU Sarung NU Indetitas masih menjadi komoditas bisnis yang menguntungkan. Termasuk logo Nahdlatul Ulama (NU) di kalangan pasar Nahdliyyin. Bagi sebagian pembeli, sarung karakter satu ini bukan hanya sekedar sarung biasa, namun lebih sebagai ekspresi ideologis di dalam lingkungan sosial. Dan bagi kalangan produsen dan makelar atau reseller sarung karakter, ini adalah peluang pasar yang kuat. Ini peluang besar memadatkan pundi-pundi penjualan.  Lantas, apakah tingginya permintaan pasar atas sarung karakter ini terpengaruh 'keramat' NU? Tentu saja, tanpa adanya logo tersebut, kain sarung hanyalah selembar kain yang nir-faidah. Sekali lagi NU menunjukkan endorsenya terhadap kreativitas dunia industri tekstil di Indonesia. Logo NU pada Sarung Dikecam Sebenarnya, entah ide siapa yang pertama kali menjadikan logo NU sebagai ornamen sarung. Ada yang menyebut hal ini marak semenjak logo-logo banom NU mulai dijadikan bahan atasan batik pada dasawarsa terakhir ini. Ekspr...