Skip to main content

Posts

Mengenal Program-Program Pemberdayaan Ekonomi Pesantren

Ekosistem pesantren menjadi kawasan yang belum terjamah sejumlah kebijakan otoritas. Soal kedaulatan pangan misalnya. Hingga hari ini sebahagian besar pesantren masih kewalahan berbagi siasat di antara tugas utamanya membimbing generasi muda dalam menguasai nilai-nilai agama. Oleh sejumlah riset, kondisi ini membelah  pesantren  ke dalam beberapa katagorisasi. Faktanya, alih-alih berfokus pada tarbiyah, banyak pondok pesantren yang sebenarnya memang belum cukup mampu membaca potensi ekonomi diri. Lantas, apa benar ketidakberdayaan ekonomi pondok pesantren itu sistemik? Atau, hanya soal mentalitas yang belum terbangun oleh para pegiat nya. Dugaan sistemik itu tentu bukannya tanpa alasan. Kebijakan yang tidak berpihak, atau setidaknya menyentuh dunia pesantren merupakan titik mula tersingkirnya alam sejahtera santri dari pembagian kue-kue pembangunan. Hal ini pula, kiranya, yang menyebabkan sebahagian kalangan pesantren mengambil jarak yang cukup, di kemudian hari, dengan simpu...

Akuntansi Syariah, Aturan atau Nilai?

Akuntansi adalah ilmu pembukuan keuangan suatu usaha. Dalam tradisi lisan Arabia, ilmu pembukuan keuangan perusahaan ini dikenal sebagai al-Hisab. Dan sekalipun bangsa Arabia mengklaim sebagai kaum pedagang, namun ilmu ini terbilang berhenti berkembang hingga awal abad ke-21. Tentu, hal ini menjadi suatu kemusykilan tersendiri bagi kalangan akademisi. Ilmu al-Hisab sebagai kaidah pelaporan keuangan suatu perusahaan selama ini masih menduplikasi ketentuan akuntansi barat yang menyajikan gugusan jurnal umum, buku besar, jurnal penyesuaian, neraca dan laporan laba-rugi. Adapun untuk analisa laporan keuangan seperti rentabilitas, solvabilitas dan profitabilitas sekali lagi masih berkiblat pada konsep akuntansi konvensional. Membangun sebuah gugusan keilmuan terapan yang sesuai ketentuan. Apa lagi keilmuan ini pernah ada, terkontaminasi pemikiran sekular untuk lalu dihidupkan kembali tentu bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Bagaimanapun, ilmu akuntansi terlanjur mendapuk Pacioli sebagai...

Membedah Amalan Al-Fatihah 41 Kali

Al-Qur'an adalah satu-satunya mukjizat yang tersisa hingga kini. Kitab suci ini menjadi sumber segala sumber hukum dan ilmu pengetahuan. Al-Qur'an sendiri memperoleh resepsi yang beragam dari umat Islam. Di antaranya, ada yang memposisikan hanya sebagai bacaan guna meraih pahala. Ada yang memposisikan sebagai samudera ilmu pengetahuan, dan membedahnya ke dalam sejumlah disiplin. Namun, ada juga yang menjadikannya sebagai aurad atau wirid dzikir dalam ritus ibadahnya. Samudera Al-Fatihah Surat Al-Fatihah adalah 'ibu' dari ayat-ayat di dalam Al-Qur'an. Di dalamnya mencakup seluruh makna dan rahasia di turunkannya Al-Qur'an. Al-Fatihah sendiri terdiri dari tujuh ayat yang dibaca berulang-ulang. Hal ini banyak diungkap oleh para ulama, seperti: Imam Al-Muqri Asymuni r.a dalam  كتاب منار الهدى في بيان الوقف والابتدا ت عبد الرحيم الطرهوني ; https://shamela.ws/book/963/157  "الفاتحة" واحد وأربعون مرة Aurad Al-Fatihah 41 Kali سورة الفاتحة لقضاء الحاجة : ( شفاء...

Quo Vadis, Gerakan Nahdlatul Ulama Pasca Pandemi

Di antara upaya-upaya underbow Nahdlatul Ulama mewarnai kehidupan masyarakat ialah dengan kegiatan-kegiatan keagamaan. Hampir sepuluh tahun, Gerakan Pemuda Ansor misalnya, juga Fatayat NU membangun kesadaran keagamaan dan kebangsaan. Hasilnya, kini telah terlihat. Geliat ini, belakangan terlihat diikuti semaraknya pengorganisasian Nahdlatul Ulama di tingkat ranting dan majelis wakil cabang atau setingkat kecamatan. Bisa dibilang, urusan penguatan akidah dan kebangsaan berhasil digiatkan secara masif hingga ke luar Jawa. Keberhasilan gerakan ideologis NU di atas, sontak menarik perhatian ormas-ormas Islam lainnya. Namun demikian, perbedaan platform pendirian kelembagaan menjadi problem tersendiri guna mengejar geliat penguatan organisasi yang dilakukan oleh underbow Nahdlatul Ulama. Sejumlah latarbelakang memang tidak bisa dipungkiri.  Pertama , mayoritas masyarakat Indonesia adalah penganut Islam Ahlussunnah wal Jama'ah Syafi'iyyah Asy'ariyyah . Kedua , NU tumbuh bersama ba...

Generasi Milenial Sasaran Empuk Pinjol - ngeGus.com

K emajuan teknologi informasi secara serius merubah wajah sosialita di Indonesia. Gawai menjadi gerbang konektivitas antar individu dengan akses yang tidak terbatas. Kemerdekaan berpendapat oleh warga negara menjadi realitas yang tampak pada hari ini. Namun demikian, bagi generasi muda hal ini bukan berarti tidak berdampak. Teknologi informasi, bagi sebahagian developers dipandang sebagai ladang baru dalam meraup cuan. Rilis baru sejumlah platform media sosial tak pernah lepas untuk ditunggangi motif keuntungan dengan menyasar sejumlah target pasar. Dalam hal ini, utamanya, generasi remaja. Ancaman kejahatan dunia maya bagi para remaja, tak hanya soal kecanduan game online, bullying atau pelacuran belaka. Di ruang interaksi sosial daring ini, mereka juga menjadi sasaran empuk para renternir virtual. Di sini, mereka menjadi kelinci buruan para predator pinjaman online (pinjol). Para operator pinjaman online ini tak jarang memanfaatkan sejumlah survey otoritatif untuk membaca tren kebut...

Pencak Silat Pagar Nusa كفن قتالي إندونيسي أصلي ، مناسب للمسلمين I ngeGus.com

يوجد في إندونيسيا كنوز من فنون القتال القاتلة. تسمى pencak silat. تحتوي ممارسة فنون الدفاع عن النفس هذه على عناصر مختلفة من الدفاع عن النفس ، مثل تقنيات الدفاع والهجوم والتهرب والتفادي والقفل والانتقاد لاستخدام الصلوات الموروثة من الأولياء والعلماء. العالم الروحي وتقاليد جايا كاويجايان كثيفة للغاية في منطقة بانيوماس رايا. يتضح ذلك من خلال العدد الكبير من مجموعات المحبسة ، سواء على نطاق صغير أو كبير ، والتي يتم تنظيمها لتعميق الكنوز الروحية وفنون الدفاع عن النفس. كما ظهر أيضًا عدد من الأساليب العلمية ، سواء تلك التي تنتمي إلى الجاوية والإسلامية والحديثة بين الأديان. في ذلك ، لا استثناء من كنوز الدفاع عن النفس من بين الطلاب والقيائيين الذين يهتمون بالمدارس الداخلية الإسلامية. بالنسبة لمحاربي باغار نوسا ، فإن الإخلاص لكياي ونضال البيزانترين هو الكرامة واحترام الذات. أصدر الرئيس العام لـ Pagar Nusa ، جوس نبيل ، تعليمات مرة واحدة لجميع أعضاء سانتري في Pagar Nusa بأن يوزعوا بشكل روتيني إلى Kiai pesantren على الأقل كل سيلابانان (40 يومًا). وشدد على أهمية وجود علاقة مع Kiai لكل Pagar Nusa sant...